Sabtu, 17 Juli 2010

Pengembangan Wilayah Kota Purwokerto

Renstra pengembangan wilayah Kota Purwokerto sebagai pusat kegiatan pemerintahan daerah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diarahkan ke bagian selatan hingga perbatasan Kabupaten Cilacap yang berjarak ± 50 km. Sedangkan ke utara hanya ± 10 km sampai ujung kawasan hutan wisata Baturraden di lereng Gunung Slamet. Sehingga untuk merealisasikan program pengembangan wilayah Kota Purwokerto ke selatan, perlu dilakukan pembenahan, perbaikan dan penataan di berbagai sektor atau lokasi.


Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Banyumas sebagai pelaksana pembangunan dalam waktu dekat akan melakukan revitalisasi atau pembangunan tahap II taman rekreasi kota yang telah selesai pembangunan tahap I di lokasi bekas terminal bus Jalan Gerilnya Purwokerto.

Menurut Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Banyumas Ir. H. Agus Cholid MM, rencana merevitalisasi taman kota Purwokerto yang masih tertutup pagar keliling seluas 1,8 ha tahap II akan dimulai bulan Juni 2010 mendatang dan diharapkan selesai akhir tahun 2010, dengan rencana anggaran Rp 3,8 miliar.

“Taman rekreasi ini akan kita lengkapi dengan fasilitas hiburan seperti desitor center atau ruang serbaguna yang berfungsi sebagai ruang pameran berupa hasil kerajinan dari industri kecil UMKM, open stage atau panggung hiburan terbuka, arena bermain untuk anak-anak maupun tempat rileks untuk para remaja, wisata kuliner dengan tenda yang menyediakan berbagai makanan yang bervariasi dan di berbagai sudut tempat dihiasi dengan lampu-lampu taman yang dapat menyemarakan suasana malam,” jelas Agus Cholid kepada Progresif Jaya.

Dinas Cipta Karya Kabupaten Banyumas dalam rangka memenuhi amanat UU No. 18 Tahun 2008 tentang Persampahan, dalam waktu dekat juga akan segera memindahkan TPA (tempat pembuangan kkhir) sampah ke kompleks Bumi Perkemahan Kendalisada di Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor, Banyumas, sebagai tempat pemrosesan akhir sampah untuk produksi sebagai pupuk kompos atau bio-gas yang diproses melalui lesit/air limbah sampah tersebut.

Diperoleh keterangan, lokasi bekas TPA Gunung Tugel rencananya akan dijadikan kawasan industri, jalur hijau atau hutan kota. Sedangkan untuk merealisasikan program pengembangan kota Purwokerto ke arah selatan, jalur jalan mulai kompleks taman kota sampai ke selatan menuju ke Desa Pengalongan hingga tembus ke barat kompleks Pasar Patikraja, jalan beraspal tersebut akan diperlebar.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Banyumas Ir. Mayangkara mengatakan, rencana pelebaran jalan raya sejak dari bunderan taman kota, bekas terminal bis Purwokerto hingga Desa Gunung Tugel sepanjang ± 2 km lebar 10 meter hingga 11 meter. “Kami hanya menangani proses pelelangan tanah pinggir jalan (kanan dan kiri jalan) 2 – 2,5 m dengan warga setempat,” ujarnya. (Widoyo Satmoko)


Sumber :
Widoyo Satmoko
http://www.progresifjaya.com/NewsPage.php?judul=Pengembangan%20Wilayah%20Kota%20Purwokerto%20Taman%20Kota%20Dibangun,%20TPA%20Dipindah,%20Jalan%20Dilebarkan&kategori_tulisan=Ragam
2 Mei 2010

3 komentar:

  1. This your site really useful for add information and useful to increase knowledge, And please visit back to ST3 TELKOM thanks

    BalasHapus
  2. waw artikel yang sangat menarik dan bermanfaat .
    saya senang membaca artikel anda karena selain artikelnya yang menarik tampilan halamannya juga bagus .
    Ditunggu postingan berikutnya ya....terima Kasih

    BalasHapus